Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan dan Keperawatan
Vol 7, No 1 (2016): DINAMIKA KESEHATAN JURNAL KEBIDANAN DAN KEPERAWATAN

PENGARUH PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA TINGKAT II DI AKBID SARI MULIA BANJARMASIN

Ahmad Hidayat (STIKES Sari Mulia Banjarmasin)
Novalia Widiya Ningrum (STIKES Sari Mulia Banjaramsin)
Nadya Amalia Shaleha (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2016

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan mempunyai peranan besar dalam memberikan kontribusi terhadappembangunan dan kemajuan bangsa. Keadaan persaingan yang cukup kompetitif antar perguruan tinggi menuntut lembaga pendidikan memperhatikan mutu pendidikan dan kelembagaan sehingga mampu serta unggul dalam persaingan tersebut. Inti kegiatan suatu perguruan tinggi adalah proses belajar mengajar. Mutu belajar mahasiswa serta para lulusan banyak ditentukan oleh keberhasilan pelaksanaan PBM tersebut. Sangat penting bagi pengelola perguruan tinggi untuk mendapatkan umpan balik tentang kualitas/mutu yang diberikan dari sudut pandang penilaian mahasiswa itu sendiri.Tujuan: Menganalisis Pengaruh Mutu Proses Belajar Mengajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Tingkat II Di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin.Metode: Penelitian survei analitik, rancangan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, Populasi dalam penelitian ini adalah 105 orang. Sampel 51 responden dengan tehnik proportionate stratified random sampling. Analisis Bivariat menggunakan Chi Square dengan tingkat kepercayaan 95% atau α (0,05) dan Analisis Multivariat menggunakan Regresi Logistik Berganda.Hasil: Hasil Chi Square dari 5 dimensi mutu terhadap kepuasan mahasiswa diperoleh nilai pα, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh mutu proses belajar mengajar terhadap kepuasan mahasiswa dipandang dari 5 dimensi mutu. Dan hasil regresi logistik berganda ada pengaruh bersama-sama antara variabel responsiveness, reliability, assurance, emphaty dan variabel tangiblesterhadap kepuasan mahasiswa tingkat II, dan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa adalah variabel emphaty.Simpulan: Ada pengaruh secara bersama-sama antara variabel responsiveness, reliability, assurance, emphaty dan variabel tangibles terhadap kepuasan mahasiswa tingkat II di Akademi Kebidanan Sari Mulia Banjarmasin, dan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa adalah variabel emphaty.Kata Kunci: Mutu, Proses belajar mengajar, Kepuasan, Pengaruh Mutu

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

dksm

Publisher

Subject

Education Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

The Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan dan keperawatan is a peer-reviewed, open-access journal, disseminating the highest quality research in the field relevant to midwifery and nursing in the form of meta-analyses, research results, literature studies, clinical practice, and case reports/case, ...