Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
Vol 2, No 1 (2014)

KEEFEKTIFAN MANAJEMEN KELOMPOK KERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK GUGUS I TK KECAMATAN MANGUHARJO KOTA MADIUN

Alisa Alfina (Universitas Negeri Yogyakarta)
Farida Hanum (TK Islam Al Irsyad madiun)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan manajemen KKG TK Gugus I TK Kecamatan Manguharjo Kota Madiun yang meliputi: 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan, dan 4) pengontrolan. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah Center for the Study of Evaluation (CSE) dan University of California in Los Angeles (UCLA). Hasil Penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) perencanaan KKG TK selama ini tidak efektif, 2) pengorganisasian di KKG TK tidak efektif, 3) pelaksanaan kegiatan KKG TK tidak efektif, dan 4) Pengontrolan kegiatan di KKG TK tidak efektif. Yang menjadi kendala terbesar dari ketidak efektifan manajemen KKG TK Gugus I Kecamatan Manguharjo Kota Madiun adalah kemampuanĀ  sumber daya manusia, pemahaman tentang pentingnya KKG, dan biaya dalam pelaksanaan KKG TK.Kata kunci: Manajemen KKG TK, Keefektifan manajemen pendidikan, Kelompok Kerja Guru Taman kanak-kanak.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jamp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan publishes and disseminates research results in the field of educational administration/management, consisting of: - educational leadership - educational policy and planning - educational economics - educational ...