Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2: November 2014

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI POKOK KALKULUS SMA KELAS XI SEMESTER 2

Sumarno, Sumarno (Unknown)
Wustqa, Dhoriva Urwatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kalkulus SMA kelas XI semester 2 dengan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TAI yang layak digunakan dalam proses pembelajaran, serta mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut, berdasarkan pada kriteria dari Nieveen, yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Tahap-tahap yang dilakukan meliputi tahap pendefinisian, tahap perancangan danĀ  tahap pengembangan. Pengembangan perangkat dimulai dari tahap analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, desain produk. Uji coba dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu uji coba/validasi ahli dan praktisi, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran kalkulus SMA yang berkualitas dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Masing-masing komponen perangkat pembelajaran tersebut memenuhi kriteria sangat valid, praktis dan efektif.Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, pembelajaran kooperatif

Copyrights © 2014