JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN
Vol 13 No 1 (2022): JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN

PENGARUH KETERSEDIAAN INFORMASI, KETEPATAN MEDIA DAN AKSESIBILITAS INFORMASI TERHADAP PARTISIPASI ORANG TUA PESERTA DIDIK DI SDN WILAYAH JAKARTA TIMUR

Rahmatiah Rahmatiah (Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Nurhattati Nurhattati (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Diskursus mengenai ketersediaan informasi, ketepatan media dan aksesibilitas informasi memiliki peran penting terhadap partisipasi orang tua peserta didik di sekolah. Namun, partisipasi masyarakat (stakeholders) selama ini lebih berupa dana dan sarana, dan cenderung kurang terlibat dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan, monitoring, maupun evaluasi program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, dengan teknik analisis jalur (Path Analysis). Variabel pada analisis jalur terdiri dari variabel eksogen dan endogen. Pada penelitian ini variabel eksogen terdiri dari Ketersediaan Informasi (X1), Ketepatan media informasi (X2), dan Aksesibilitas Informasi (X3). Variabel endogen adalah Partisipasi (Y). Keempat variabel tersebut diduga saling berpengaruh. Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan seberapa besar pengaruh pada variabel-variable tersebut. Hasil studi ini menunjukkan Tidak terdapat pengaruh langsung antara ketersediaan informasi, ketepatan penggunaan media informasi sekolah, dan aksesibilitas informasi terhadap partisipasi orang tua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JEP is the acronym of Jurnal Evaluasi Pendidikan. JEP is a national and international journal published two times in a year (March and October). It specializes in Instrument Development, Evaluation of Educational Programs, Assessment and Measurement in education. This journal is intended to ...