Pendidikan merupakan kebutuhan bagi manusia, sebab tanpa pendidikan manusia akan sulit berkembang dan bahkan akan terbelakang. Manusia sangat membutuhkan pendidikan melalui proses penyadaran yang berusaha menggali dan mengembangkan potensi dirinya melalui metode pengajaran atau dengan cara lain yang telah diakui oleh masyarakat. Pendidikan Kewarganegaraan perlu mengakomodasi berbagai isu aktual yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Semua tantangan baru tersebut perlu dipertimbangkan dan diakomodasikan oleh guru dalam pembelajaran Kewarganegaraan sebagai upaya penggunaan kembali Pendidikan Kewarganegaraan berdasarkan semangat reformasi (jika warga negara Indonesia tetap berkomitmen Pendidikan Kewarganegaraan menjadi bagian dalam upaya membentuk manusia Indonesia yang berjiwa demokratis maka hal ini akan berdampak positif bagi citra bangsa Indonesia dimata bangsa lain di dunia).Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang. peneliti memilih SMP Negeri 1 Merawang, yang berlokasi di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai lokasi penelitian, karena nilai-nilai demokrasi pada pembelajaran PKn sangat berkaitan dengan sikap sosial dan tanggung jawab diharapkan dapat diterapkan oleh selueuh siswa siswinya dalam proses belajar mengajar (PBM) dimana para peserta didik diajak untuk menunjukkan sikap sosial dan tanggung jawab pada dirinya dalam berbicara didepan umum, bertanggung jawab pada dirinya sendiri, berpikir untuk lebih kritis dan kreatif. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Februari s/d April 2020. Keyword: Nilai – Nilai Demokrasi, Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan
Copyrights © 2022