Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 8, No 1 (2022)

Efektivitas Video Pembelajaran Usaha dan Energi Berbasis Multirepresentasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Friselya, Erika Yolanda (Unknown)
Wulandari, Indah (Unknown)
Maulida, Regena Yuni (Unknown)
Rozaq, Ahmad Nur (Unknown)
Mahardika, I Ketut (Unknown)
Subiki, Subiki (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video pembelajaran berbasis multirepresentasi dalam peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA SMA Islam Al-Hidayah Mangli. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah peserta didik 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan 3 kali pertemuan dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan pre test dan post test. Data tes hasil belajar dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara pre test dan post test, dimana hasil belajar kelas kontrol (pre test) 66,77 dan kelas eksperimen (post test) 73,83. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran berbasis multirepresentasi efektif dalam peningkatan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas X SMA Islam Al-Hidayah Mangli.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Engineering Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...