Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Munadzomah
Vol. 1 No. 2 (2022): AL-MUNADZOMAH

PENGARUH METODE TAKRIR TERHADAP KUALITAS HAFALAN SANTRI DI PESANTREN TAHFIDZ UMMUL QURO AL ISLAMI BOGOR

Bayyina Baeturahmah (Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor)



Article Info

Publish Date
20 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode takrir diterapkan saat menghafal Al-Qur’an di Pesantren Tahfidz Ummul Quro Al-Islami dan hal apa saja yang mempengaruhi efektivitas metode takrir di Pesantren Tahfidz Ummul Quro Al-slami. Metode ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penulisan ini berjumlah 60 orang yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penulisan ini mengambil metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen) bentuk desain eksperimen ini merupakan mengembangan dari true experimental desig, yang sulit dilaksanakan, ciri penulisan semu ini adalah tidak mungkin untuk mengontrol semua variabel yang relevan kecuali beberapa variabel. Berdasarkan tabel output “Grup Statistic” di atas diketahui jumlah data pesantren tahfidz untuk kelompok eksperimen adalah 30 dan kelompok kontrol 30. Di peroleh nilai rata-rata pre-tes pada kelas eksperimen adalah 68.17, nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol adalah 52.27. Sedangkan nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen adalah 87.03, nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol adalah 63.80. Nilai t hitung dibandingkan dengan nilai t tabel untuk taraf kesalahan 5% uji dua pihak dan dk= n-2. Penelitian ini digunakan taraf kesalahan 5% dan dk= 60-2 = 58 dimana t tabel = 2.021 jadi dapat diketahui t hitung = 4.48 lebih dari t tabel = 2.021. Hasil perhitungan di atas menunjukkan adanya pengaruh metode takrir terhadap kualitas hafalan santri di Pesantren Tahfidz Ummul Quro al-Islami sehingga hipotesis diterima

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-munadzomah

Publisher

Subject

Religion Education Physics Social Sciences

Description

Al-Munadzomah : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti. Jurnal ini mencakup artikel penelitian, laporan penelitian asli, review ...