Supervisi akademik kepala madrasah merupakan kemampuan membina kinerja guru dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran dan mengembangkan keprofesian guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Metode penelitian menggunakan kajian pustaka dengan dua sumber data yaitu data primer dan sukunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan supervisi akademik kepala madrasah yang dilaksanakan bukan hanya ditujukan bagi penilaian kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan juga membantu guru dalam meningkatkan kemampuan profesionalnya. Pelaksanaan supervisi akademik secara optimal harus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan tindak lanjut. Tahap perencanaan meliputi, (1) menetukan tujuan supervisi, (2) membuat jadwal supervisi, (3) menentukan teknik dan pendekatan supervisi, (4) menelaah instrumen supervisi. Tahap pelaksanaan meliputi, (1) Melaksanakan Supervisi Perangkat Pembelajaran, (2) Melakasanakan Supervisi Pemantauan RPP, (3) Melaksanakan Supervisi Proses Pembelajaran, dan (4) Melaksanakan Supervisi Penilaian Hasil Belajar. Tahap monitoring meliputi menilai program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan program pembelajaran, pemetaan, kriteria ketuntasan minimal, jurnal guru, buku nilai, kisi-kisi soal, analisis nilai, program perbaikan dan pengayaan dan buku sumber yang dipakai untuk memberikan materi kepada siswa. Tahap tindak lanjut meliputi dua aspek kegiatan, yaitu (1) melihat kembali catatan-catatan hasil supervisi, (2) melakukan pembinaan terhadap guru, baik secara individu maupun secara kelompok
Copyrights © 2022