QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 13, No 1 (2022): April 2022

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES ESAI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TEMA GELOMBANG DAN BENCANA UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Trizi Gapiriana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Prasetya ningsih (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Dwi Indah Suryani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes yang mampu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dengan berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran IPA SMP tema gelombang dan bencana. Kecakapan abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi dengan 3 tahap yaitu: define, design, dan development. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar wawancara dan angket validasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa instrumen tes yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori Sangat Valid pada aspek materi sebesar 88%, konstruksi 83%, dan bahasa 92%. Pada aspek materi, perlu adanya analisis mengenai indikator berpikir kritis yang digunakan dalam menyusun setiap butir soal. Aspek konstruksi menunjukan bahwa harus terdapat keterangan yang membantu peserta didik memahami soal. Kalimat yang digunakan dalam instrumen tes sudah dibuat jelas sehingga tidak menimbulkan penafsiran ganda. Instrumen tes berbasis HOTS ini dapat menjadi salah satu alternatif yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...