Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes yang mampu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dengan berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran IPA SMP tema gelombang dan bencana. Kecakapan abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang dimodifikasi dengan 3 tahap yaitu: define, design, dan development. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar wawancara dan angket validasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa instrumen tes yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori Sangat Valid pada aspek materi sebesar 88%, konstruksi 83%, dan bahasa 92%. Pada aspek materi, perlu adanya analisis mengenai indikator berpikir kritis yang digunakan dalam menyusun setiap butir soal. Aspek konstruksi menunjukan bahwa harus terdapat keterangan yang membantu peserta didik memahami soal. Kalimat yang digunakan dalam instrumen tes sudah dibuat jelas sehingga tidak menimbulkan penafsiran ganda. Instrumen tes berbasis HOTS ini dapat menjadi salah satu alternatif yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Copyrights © 2022