EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 10, No 1 (2022)

Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Software Scratch pada Materi Peluang di SMPN 18 Banjarmasin

Harmia Rani (Universitas Negeri Surabaya)
Atik Wintarti (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Media pembelajaran ialah salah satu per angkat yang digunakan dalam proses pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada siswa guna memahami konsep-konsep matematika yang bersifat abstrak. Sehingga, media pembelajaran sangat penting digunakan dan dirancang sedemikian rupa agar menghasilkan media yang menarik dan mudah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis ICT dengan menggunakan software scratch yang valid dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis ICT dengan menggunakan software scratch pada materi peluang. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII B SMP Negeri 18 Banjarmasin. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah menggunakan langkah-langkah model pengembangan dari ADDIE yakni 1) tahap analisis; 2) tahap perencanaan; 3) tahap pengembangan; 4) tahap implementasi; 5) tahap penilaian. Pengembangan produk ini telah melalui proses validasi yaitu validasi ahli materi sebanyak dua orang, validasi ahli media sebanyak 2 orang dan uji coba skala kecil yang menunjukkan bahwa produk ini dinyatakan valid/layak digunakan berdasarkan saran yang diberikan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa 1) media pembelajaran berbasis ICT menggunakan software scratch pada materi peluang yang telah melalui tahap validasi menghasilkan produk yang valid/layak digunakan; 2) respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis ICT menggunakan software scratch pada materi peluang mendapat respon baik. Kata kunci: Media Pembelajaran ICT, Scratch, Peluang Abstract: Learning media is one of the devices used in the learning process that serves as a tool to convey messages or information to students to understand abstract mathematical concepts. Thus, learning media is very important and designed in such a way as to produce interesting and easy-to-use media. This study aims to produce ICT-based learning media using valid scratch software and determine student responses to ICT-based learning media using scratch software on opportunity materials. The subject of this research is class VIII B SMP Negeri 18 Banjarmasin. The development procedure used is using the steps of the ADDIE development model, namely 1) the analysis stage; 2) planning stage; 3) development stage; 4) implementation stage; 5) assessment stage. The development of this product has gone through a validation process, namely the validation of material experts as many as two people, validation of media experts as many as 2 people and a small-scale trial which shows that this product is declared valid / feasible to use based on the suggestions given. The results of this study show that 1) ICT-based learning media using scratch software on opportunity materials that have gone through the validation stage produce valid/feasible products; 2) student responses to ICT-based learning media using scratch software on the material have a good chance of getting a response. Keywords: ICT Learning Media, Scratch, Probability

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edumat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDU-MAT adalah jurnal yang didirikan pada tahun 2013 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. EDU-MAT merupakan kumpulan artikel hasil penelitian maupun kajian dosen, peneliti, guru, maupun mahasiswa di bidang pendidikan matematika ...