Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 12, No 01 (2022): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Sulkipani Sulkipani (Universitas Sriwijaya)
Umi Chotimah (Universitas Sriwijaya)
Emil El Faisal (Universitas Sriwijaya)
Kevin Yehezkiel Juniko (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahan ajar yang tersedia pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Program Studi PPKn FKIP Unsri masih terbatas pada literature seperti aturan perundang-undangan dan artikel ilmiah, dan belum tersedianya bahan ajar berupa buku yang dikembangkan dalam rangka menunjang perkuliahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan rasional buku ajar pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan perlu dikembangkan dalam bentuk analisis kebutuhan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey eksploratif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 orang mahasiswa Semester 3 Program Studi PPKn FKIP Unsri yang sudah menempuh Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan teknik persentasi. Berdasarkan angket yang disebar dapat disimpulkan bahwa : 1) mahasiswa kesulitan dalam memahami materi perkuliahan jika hanya menggunakan sumber rujukan berupa artikel dari internet serta bahan ajar yang belum diperbarui sesuai kebutuhan, dan 2) mahasiswa membutuhkan sumber berupa buku ajar Pendidikan Kewarganegaraan berbasis kontekstual. Selanjutnya hasil analisis kebutuhan ini akan digunakan sebagai dasar dalam mengembangkan buku ajar berbasis kontekstualĀ Kata kunci: Buku Ajar, Kontekstual, Pendidikan Kewarganegaraan

Copyrights © 2022