Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kesiapan peserta didik kelas VII dalam mengikuti pembelajaran daring di SMP Negeri 13 Padang sebagai salah satu aspek penting dari evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada Juni 2021 di SMP Negeri 13 Padang. Teknik pengambilan sampel yaitu Proportionate Stratiefied Random Sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII yang berjumlah 50 orang. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dengan guru IPA/Biologi yang bertanggung jawab dengan kelas VII di SMP Negeri 13 Padang dan menyebarkan lembaran angket kepada peserta didik. Hasil wawancara terhadap guru di SMP Negeri 13 Padang menunjukkan adanya kendala yang dialami peserta didik selama mengikuti pembelajaran daring seperti adanya peserta didik yang tidak dapat bergabung dan mengikuti kelas daring, kurangnya sarana atau fasilitas pendukung untuk bergabung dalam kelas daring, adanya peserta didik yang kurang memahami dan menguasai penggunaan internet dan sumber belajar dengan baik, dan beberapa peserta didik yang kurang motivasi dan arahan dari orang tua selama mengikuti pembelajaran daring di rumah. Pada hasil observasi awal maka diperoleh tingkat kesiapan peserta didik yang dibagi menjadi 5 aspek yaitu aspek kesiapan diri peserta didik, aspek kesiapan fasilitas, kesiapan konektifitas, kesiapan dukungan orang tua, dan kesiapan referensi belajar. Dari keseluruhan aspek diperoleh rata-rata 69% dengan kriteria siap. Kesimpulan dari hasil analisis kesiapan merupakan identifikasi dari pihak sekolah terhadap kendala dari masing-masing peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring dan kesiapan dalam mengikuti pembelajaran daring khususnya pada pelajaran IPA/Biologi sehingga kesiapan peserta didik menjadi pengaruh positif pada diri peserta didik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022