Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan produk berupa media pembelajaran yang berbentuk permainan yang disebut dengan Kartu Perawat (KaPe). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang mencangkup tahap need analisis, desain produk, evaluasi produk, dan ujicoba. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Kesehatan Cahaya Bangsa, Kubu Raya. Sementara itu, instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar observasi, kusioner, wawancara,angket validasi media dan materi dan angket validasi respon siswa terhadap ujicoba produk. Hasil yang ditemukan pada penelitian adalah media permainan Kartu Perawat( KaPe) yang dikembangkan dengan pendekatan Content Based Instruction telah layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Keperawatan. Beberapa keunggulan dari produk ini adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berbicara, membaca, dan menyimak secara terintegrasi; meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa inggris; memberikan kesempatan untuk siswa berkolaborasi karena dimainkan dalam kelompok; memberikan situasi atau konteks bagaimana bahasa itu digunakan pada penggunaan sesungguhnya serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi secara autentik sehingga memudahkan siswa untuk mengakusisi bahasa. Namun, guru perlu mengalokasikan waktu dan memastikan agar siswa tetap dapat terkontrol ketika pembelajaran berlangsung melalui permainan.
Copyrights © 2022