Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Teknik STAR dalam Self and Peer Assessment pada Pelaksanaan Model Pembelajaran ABCD5E di TK

Sri Wiji Handayani (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Lita Latiana (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2022

Abstract

Asesmen merupakan bagian penting dalam pembelajaran khususnya dalam pelaksanaan model pembelajaran ABCD5E. Berdasarkan diskusi di lapangan bahwa para implementator model pembelajaran ABCD5E membutuhkan bagaimana cara melakukan asesmen pada pelaksanaan pembelajaran ABCD5E. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana self/peer assessment pada model pembelajaran ABCD5E dengan menggunakan teknik STAR.  Metode penelitian yang digunakan adalah Studi Literature Review. Langkah dalam metode ini adalah dengan mencari referensi penelitian sebelumnya baik jurnal nasional maupun inernational. Pencarian dengan Riset Question PICOC Populasi (Population), Intervensi (Intervention), Perbandingan (Comparison), Hasil (Outcomes), dan Konteks (Context). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah  Teknik STAR dalam self/peer Assessment  yang dapat digunakan pada pelaksanaan model pembelajaran ABCD5E di Taman Kanak-kanak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...