Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Model Pelibatan Orang Tua dalam Blended Learning untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak

Sri Rahayuningsih (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Lita Latiana (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2022

Abstract

Keterlibatan orang tua dalam blended learning memberikan pengaruh positif terhadap kepercayaan diri anak. Namun, kurangnya pemahaman orang tua tentang pendidikan anak usia dini memunculkan masalah ketika melakukan pendampingan belajar pada pelaksanaan blended learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis model pengembangan peran orang tua dalam meningkatkan percaya diri anak, dan keefektifan model. Menggunakan  metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE. Partisipan terdiri dari 35 orang tua dan 35 anak usia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data dengan observasi, checklist, angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dari instrument pengumpulan data. Uji normalitas dengan uji saphiro wilk, dan uji-t. Uji validitas menggunakan Contruct Validity, uji reliabilitas menggunakan uji statistik Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pelibatan orang tua dalam Blended Learning untuk meningkatkan percaya diri anak terbukti efektif meningkatkan peran orang tua dalam meningkatkan kepercayaan diri anak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...