Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 22, No 2 (2022)

Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dimoderasi Budaya Kerja Sekolah

Siti Rodhiyah (SMAN Wiradesa Kab. Pekalongan)
Mohammad Fauzan (Universitas Stikubank Semarang)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Penelitian bertujuan menguji dan melakukan analisis (1) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) pengaruh budaya kerja sekolah terhadap kinerja guru, dan (4) mengetahui apakah budaya kerja sekolah memperkuat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja, serta (5) mengetahui apakah budaya kerja sekolah memperkuat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.Penelitian merupakan jenis penelitian penjelasan. Populasi adalah seluruh guru pengajar di SMA Negeri, Kabupaten Pekalongan, yang berjumlah 11 sekolah dengan jumlah guru sebanyak 400 orang dan sampel penelitian sebanyak 96 orang guru (20-25 % dari total populasi). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak berkelompok secara proporsional. Pengumpulan data diperoleh langsung dari responden melalui angket online (googleform).Hasil temuan penelitian menunjukkan (1) kompetensi pedagogik memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru (2) motivasi kerja memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru (3) budaya kerja sekolah memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru (4) budaya kerja sekolah tidak memoderasi pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru (5) budaya kerja sekolah memperkuat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

Copyrights © 2022