Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen
Vol. 15 No. 2 (2022): JURNAL ILMU KELUARGA DAN KONSUMEN 15.2

PENGARUH DUKUNGAN MANTAN SUAMI, STRATEGI KOPING, DAN RELASI ORANG TUA-ANAK TERHADAP KEBAHAGIAAN KELUARGA TUNGGAL

Yasmin Azizah (IPB University)
Herien Puspitawati (IPB University)
Tin Herawati (IPB University)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Percerain mendatangkan berbagai perubahan yang berdampak pada kebahagiaan keluarga. Demi menciptakan kebahagiaan yang dapat membuat keluarga memiliki gambaran positif mengenai hidupnya, dibutuhkan dukungan, kemampuan mengatasi stres, serta kemampuan orang tua dan anak dalam menjalani relasi yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik keluarga, karakteristik mantan suami, dukungan mantan suami, strategi koping, dan relasi orang tua-anak terhadap kebahagiaan keluarga tunggal. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional study. Pengambilan contoh dilakukan menggunakan non probability sampling dengan teknik voluntary sampling. Penelitian dilakukan kepada keluarga tunggal yang mengalami cerai hidup, mantan suami masih hidup, dan memiliki anak yang bertempat tinggal di Indonesia. Contoh dalam penelitian ini berjumlah 100 keluarga. Hasil penelitian menunjukkan pendapatan ibu berpengaruh negatif signifikan terhadap strategi koping, dukungan mantan suami berpengaruh positif signifikan terhadap relasi orang tua-anak, serta pendapatan ibu dan strategi koping berpengaruh positif signifikan terhadap kebahagiaan keluarga. Keluarga tunggal dapat bangkit dari krisis akibat perceraian dengan meningkatkan usaha untuk menambah pendapatan, dan menjaga komunikasi positif dengan mantan suami terkait dengan kerja sama dalam merawat anak. Mantan suami juga diharapkan untuk dapat meningkatkan kasih sayang serta tanggung jawabnya walaupun anak tinggal bersama ibunya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Nursing Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen (JIKK) receives scientific manuscripts (research results) that can contribute to improving the quality of families and consumers. Acceptable research topics are well-being, resilience, sociology, psychology, resource management, education, ecology, communication, ...