JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa)
Vol 7, No 1: June 2022

Pemanfaatan Telegram Bot pada Sistem Informasi Pembayaran SPP

Erick Andika (Politeknik Sukabumi)
Lani Nurlani (Politeknik Sukabumi)
Samirah Rahayu (Politeknik Sukabumi)
Ilyas Yasirudin (Politeknik Sukabumi)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Monitoring informasi pembayaran SPP pada sebuah instansi pendidikan merupakan bagian yang penting untuk menopang kegiatan yang ada di instansi tersebut. Informasi dapat diperoleh dari hasil pelaporan dan pencarian. Untuk mempermudah penyajian informasi diperlukan adanya sebuah sistem yang mengelola kegiatan keuangan tersebut, maka dari itu pada penelitian ini dibangun sebuah sistem informasi pembayaran SPP berbasis web yang akan dengan mudah diakses dari mana saja. Selain untuk pihak manajemen sistem informasi ini dirancang agar pihak orang tua siswa dapat memperoleh informasi mengenai tagihan dan tunggakan. Telegram bot menjadi alternatif bagi orang tua siswa untuk mendapatkan informasi mengenai informasi tagihan dan pembayaran yang dapat diakses melalui aplikasi messenger Telegram sehingga lebih praktis dan interaktif. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah RAD (Rapid Application Development) dan framework yang digunakan membangun sistem informasi ini adalah Laravel. Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya sistem informasi ini proses pengelolaan data pembayaran SPP menjadi lebih mudah dan efektif, begitupun dalam mengakses informasinya lebih praktis dan fleksibel.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtera

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

TERA (Journal of Engineering Technology) is peer-review journal providing original research papers, case studies, and articles review in engineering technology field. The journal can be used as an authoritative source of scientific information for researchers, researcher academia or institution, ...