Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validasi market dengan uji organoleptik dan hedonik terhadap dodol nanas BUMDesa Kuala Alam yang telah di beri value added melalui inovasi. Kemudian penelitian ini juga untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kemasan baru yang didesain yang akan digunakan sebagai media pemasaran produk dodol nanas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) melalui pendekatan sistem dinamis (dynamic system) menggunakan data kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Dari hasil tanggapan responden terhadap kemasan produk dodol nanas didapat nilai mean 3,62 dengan kategori menarik untuk dibeli. Uji organoleptik dan hedonik untuk varian produk dodol nanas seperti green tea, chocolate, strawberry dan milo dari aroma memiliki wangi yang disukai. Dari segi rasa panelis memberikan jawaban memiliki rasa yang enak dan menyukainya. Begitu juga dengan penilaian terhadap warna sangat mengunggah selera kecuali untuk varian milo. Namun panelis tidak menyukai tekstur produk dodol nanas karena agak berminyak.
Copyrights © 2022