Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 10, No 1 (2022)

MANAJEMEN PENGEMBANGAN DIGITAL LIBRARY SMK LABOR BINAAN FKIP UNRI PEKANBARU PROVINSI RIAU

Desnawati Desnawati (SMA Cendana Pekanbaru)
Rr. Sri Kartikowati (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)
Gimin Gimin (Lecturer of Education Management Study Programme PPs University of Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

SMK Labor Binaan FKIP UNRI Provinsi Riau adalah sekolah yang selangkah lebih maju dalam pengelolaan perpustakaan dibanding SLTA-SLTA lain di Riau. Hal ini terbukti dengan berbagai prestasi yang telah diraih SMK Labor, salah satunya menjadi juara 1 dalam lomba perpustakaan sekolah tingkat Nasional pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana SMK Labor memperoleh capaian pengembangan digital library yang luar biasa itu dari perspektif manajemen. Selain itu, penelitian ini juga bermaksud mengungkap apa dampak atau manfaat yang paling dirasakan oleh warga sekolah terutama guru dan siswa dari pengembangan digital library ini. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan Analysis Interactive dari Miles dan Huberman, sedangkan dampak pengembangan digital library menggunakan angket dan dianalisis dengan crosstab. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh informasi kepemimpinan kepala sekolah yang luar biasa, mampu mensinergikan sumber daya organisasi seperti sumber daya manusia, sumber daya teknologi dan sumber daya biaya dengan sangat baik, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai tahap evaluasi. Selain itu, untuk menjaga mutu dari digital library SMK Labor, kepala sekolah menerpakan prinsip-prinsip dalam Total Quality Managament (TQM). Dampak dari pengembangan digital library yang dirasakan oleh warga sekolah, dalam hal ini guru dan siswa adalah kecepatan dalam mengakses, kemudahan dalam fasilitas, kemudahan dalam mengakses, menghemat waktu, hemat biaya dan yang paling penting meningkatkan motivasi membaca.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...