Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 2: Juni 2022

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BATURAN 2 GAMPING SLEMAN

Riana Kusuma Dewi (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dalam soal cerita matematika melalui pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas IV di SD Negeri Baturan 2 Gamping Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah murid kelas IV yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan info dari guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar matematika dalam soal cerita dengan menerapkan pembelajaran realistik dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam soal cerita matematika sehingga kemampuan siswa meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...