Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 2: Juni 2022

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Muhamad Ginanjar Ganeswara (Universitas Pakuan, Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Nur Hikmah (Universitas Pakuan)
Resyi A. Gani (Universitas Pakuan, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika. Jenis penelitian kuantitatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukadamai 3 Kota Bogor berjumlah 90 peserta didik, dilaksanakan pada semester genap 2020/2021. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors, kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 49,12 + 0,41X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefesien korelasi (rxy) sebesar 0,47 yang berada pada interval 0,400-0,599 yang berarti pengaruhnya sedang. Sedangkan koefesien determinasi sebesar 22,09%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 49,12+0,41x, yang berarti setiap kenaikan unit pembelajaran daring menyebabkan kenaikan minat belajar matematika sebesar 0,41 unit. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukadamai 3 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...