Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 2: Juni 2022

HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Dewa Made Dwicky Putra Nugraha (Universitas Dwijendra)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Kemampuan literasi sains dan hasil belajar IPA merupakan dua hal penting dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kemampuan literasi sains dan hasil belajar IPA siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 2 Sayan yang terdiri atas 28 orang. Desain penelitian ini adalah studi korelasional. Data kemampuan literasi sains dikumpulkan melalui tes kemampuan literasi sains yang dikembangkan oleh PISA. Sedangkan data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan melalui tes esai/uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Rank Spearman dengan bantuan SPSS for Windows 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan literasi sains dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Sayan dengan nilai sig (0,00) < 0,05. Derajat korelasi antara kemampuan literasi sains dan hasil belajar IPA siswa sebesar 0,937, berada pada kriteria sangat kuat. Hasil ini memberikan gambaran bahwa, semakin tinggi kemampuan literasi sains siswa, akan semakin tinggi pula capaian hasil belajar IPA siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...