Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO)
Vol 5 No 2 (2022): Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Penerapan Metode Bermain Meraih Bola Besar terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Siswa SD Negeri 1 Air Lesing Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas

Agnes Desi Indriyani (Universitas PGRI Silampari)
Wawan Syafutra (Universitas PGRI Silampari)
Muhammad Supriyadi (Universitas PGRI Silampari)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar lompat jauh siswa kelas V SDNegeri 1 Air Lesing setelah menerapkan metode bermain meraih bola. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan One Group Pre-test-Post-test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes lompat jauh. Populasi dan Sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa kelas V yang terdiri dari 12 orang laki – laki dan 8 orang perempuan. Hasil penelitian ini berdasarkan tabel output “Paired samples test” diatas, diketahui nilai mean “paired differences” adalah sebesar -16,875. Nilai ini menunjukan selisih antara rata-rata hasil lompat jauh post-test yaitu 72,50-55,63 = 16,87 dan selisih perbedaan tersebut antara -22,167 sampai -11,583 nilai thitung untuk hasil belajar lompat jauh adalah 6,674 dengan probabilitas (sig.) 0,000 dan z tabel nya sebesar 0,474. Nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak Ha diterima artinya terdapat penerapan metode bermain meraih bola terhadap hasil belajar lompat jauh SD N 1 Air Lesing. Simpulan, bahwa lompat jauh dengan metode bermain meraih bola besar siswa SD Negeri 1 Air Lesing Kabupaten Musi Rawas terdapat peningkatan hasil belajar. Kata Kunci: Bermain Meraih Bola, Hasil Belajar, Lompat Jauh

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPJO

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO) memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang ilmu pendidikan ...