Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 3 (Juli 2022)

Penerapan Pola Asuh Anak Pada Panti Asuhan Siti Aisyah Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal

Muhammad Irsan Barus (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal)
Aisyah Rahma (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pola asuh pada Panti Asuhan Siti Aisyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pola asuh yang diterapkan oleh pengasuh Panti Asuhan Siti Aisyah Kabupaten Mandailing Natal adalah pola asuh demokratis, pola asuh otoriter dan pola asuh situasional; 2) Pendukung penerapan pola asuh pada Panti Asuhan Siti Aisyah Kabupaten Mandailing Natal adalah adanya kepribadian pengasuh yang baik, sabar, penuh perhatian, selalu memberikan arahan dan bimbingan, adanya dukungan materi dari Pemerintah daerah dan donatur serta dukungan dari sekolah yang dikemas dalam pembiasaan dan peraturan sekolah; 3) Upaya yang dilakukan dalam proses penerapan pola asuh pada Panti Asuhan Siti Aisyah, yaitu metode nasihat, keteladanan, pembiasaaan, pemberian pujian, hadiah, dan penerapan musyawarah bersama anak panti. Penelitian ini berkontribusi terhadap isu-isu pengasuhan di panti asuhan dan bagaimana pola penerapan pengasuhan yang baik, sehingga nantinya panti asuhan tidak hanya menjadi tempat anak-anak yatim/piatu/terlantar akan tetapi juga mereka mendapatkan pengasuhan yang hangat dan secara rohani akan terbimbing maksimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...