Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Vol. 6 No. 2 (2022): November 2022

Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Penggunaan Alfabet Geser pada Murid Tunagrahita

Tatiana Meidina (Universitas Negeri Makassar)
Dwiyatmi Sulasminah (Universitas Negeri Makassar)
St Kasmawati (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan alphabet geser untuk meningkatkan kemampuan membaca  murid tunagrahita kelas dasar II di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen subjek tunggal (single subjek research) dengan desain penelitian A-B-A. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alphabet geser berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca pada murid tunagrahita. Hasil tersebut dibuktikan berdasarkan hasil analisis dalam kondisi: 1) pada fase baseline 1 (A1) kemampuan membaca berada pada kategori sangat rendah, 2) Fase intervensi (B) kemampuan membaca meningkat dan berada pada kategori cukup ,  3) fase baseline 2 (A2) kemampuan membaca meningkat dan berada pada kategori tinggi.  Berdasarkan analisis antar kondisi tidak terjadi data tumpang tindih sehingga dapat disimpulkan bahwa alphabet geser dapat meningkatkan kemampuan membaca pada  murid tunagrahita kelas dasar II di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpkk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus ...