PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA
2021: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 2 NOVEMBER 2021

PELATIHAN KHUSUS MENGHASILKAN PENDIDIKAN INKLUSIF YANG EFEKTIF DAN EFISIEN

Sri Sarjana (Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD)
Mahsa Amira Anindya Najib (Universitas Indonesia)
Innayah Kusuma Dewi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nur Khayati (SMA Negeri 1 Cikarang Utara)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Pentingnya mengupayakan suasana belajar yang menyenangkan, mengoptimalkan kemampuan guru, serta menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman menjadi bagian penting dalam pengembangan proses belajar bagi siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran sebenarnya tentang sistem pendidikan berkebutuhan khusus. Peserta didik dalam sistem pendidikan inklusif selayaknya diberikan kesempatan dengan proses belajar sesuai kemampuan dirinya sendiri karena akan sangat berkaitan dengan pencapaian tujuan pembelajaran. Guru sebagai salah satu sumber daya utama di sekolah yang memiliki kemampuan dalam menangani anak dengan kebutuhan khusus harus bekerja lebih baik sehingga memiliki motivasi yang tinggi untuk mengoptimalkan sistem pendidikan di sekolahnya. Kurikulum sekolah sebaiknya direvisi dan diperbaiki untuk mengakomodasi siswa yang memiliki kebutuhan khusus karena memiliki model belajar yang berbeda sehingga diharapkan perlunya perubahan sesuai kebutuhan. Temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa guru membutuhkan pelatihan khusus terkait dengan peran dan kontribusinya dalam pendidikan inklusif agar dapat membantu proses belajar bagi siswa siswa berkebutuhan khusus menjadi lebih efektif dan efisien.Kata kunci: pendidikan inklusif, berkebutuhan khusus, pembelajaran efektif, pelatihan khusus

Copyrights © 2022