Peran sentral guru PAUD dalam mengembangkan personal sosial, bahasa dan motorik anak usia dini diperlukan dalam menanamkan karakter kewarganegaraan sehingga dapat mendukung salah satu keterampilan pada abad-21 yakni literasi kewaragnegaraan. Tujuan dari pengabdian masyrakat ini adalah memberikan wawasan dan pengetahuan serta konsep literasi kewarganegaraan bagi guru PAUD dan memberikan deskripsi atau gambaran tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran literasi kewarganegaraan pada tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD).  Metode pelaksanaan pengabdian ini terdiri dari 1) Analisis Situasi, 2) Perencanaan Program Pengabdian, 3) Pelaksanaan Pengabdian dan 4) Evaluasi Pengabdian. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah guru PAUD telah memperoleh wawasan dan pengetahuan baru sehingga dapat memperkuat kompetensi guru secara luas dan mendalam terkait literasi kewarganegaraan, kemudian guru PAUD juga memiliki gambaran dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran bermuatan literasi kewarganegaraan sekaligus dapat memahami dengan baik dalam mengintegrasikan indikator literasi kewarganegaraan ke dalam pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022