JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Analisis dan Potensi Komoditi Unggulan Perkebunan Provinsi Riau (An Analysis and Potential of Leading Commodities of The Riau Province)

Eka Nurtia Luluk Anggraini (Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau)
Almasdi Syahza (Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau)
Rm Riadi (Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Pengoptimalan potensi subsektor Perkebunan dapat dilakukan dengan penentuan prioritas pengembangan subsektor yang menjadi basis di Provinsi Riau.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis subsektor Perkebunan di masing-masing kabupaten di Provinsi Riau. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif Kuantitatif.Metode pengambilan daerah penelitian dilakukan secara purposive. Data yangdigunakan adalah data sekunder yang meliputi PDRB di Provinsi Riau tahun 2015-2019.Metode analisis data yang digunakan yaitu LQ dan analisis Shift Share. Hasil analisis LQ mengungkapkan bahwa sektor pertanian menjadi sektor basis di Provinsi Riau. Sub sektor pertanian yang menjadi sub sektor basis adalah subsektor Perkebunan.Peran penting yang dimiliki sektor pertanian terhadap perekonomian telah terjadi transformasi struktur ekonomi. Analisis shift share untuk subsektor Perkebunan unggulan pada tiap-tiap Kabupaten menunjukkan hasil yang berbeda-beda ada yang positif ada pula yang nilainya negatif yang pastinya di pengaruhi banyak faktor seperti keadaan alam, kultur masyarakat, dll yang berarti bahwa sektor-sektor tersebut memiliki keunggulan kompetitif dan berdaya saing untuk dikembangkan, sekaligus hal ini menggambarkan arah kebijakan pemerintah dalam mengembangkan sektor ekonomi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...