JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Konsep Kepemimpinan Demokratis dalam Membuat Keputusan di Lingkungan Sekolah

Dea Mustika (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau)
Aprilla Anggraini (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau)
Adisya Elfira Hadi (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau)
Denisa Novri Yulanda (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau)
Eka Setianingsih (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau)
Meylanda Gustina Sari (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau)
T. Rika Zuliyanti (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau)
Nuzul Syahril Ramadhan (Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi kepemimpinan pendidikan demokrasi di sekitar sekolah. Seorang pemimpin harus mampu mempengaruhi, mengkoordinasikan, dan menggerakkan orang lain yang ada hubungannya dengan penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan atau sekolah secara efektif dan efisien. Kepemimpinan demokratis adalah orang-orang yang berorientasi dan memberikan bimbingan yang efisien kepada bawahannya. Kepemimpinan yang demokratis akan menghargai potensi setiap individu, mau mendengarkan saran dan saran bawahan. Di lingkungan sekolah membutuhkan kepemimpinan yang peduli dan berpikiran terbuka kepada dewan guru. Penelitian ini dilakukan sebagai penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif dengan menerapkan fenomenologi untuk menganalisis fenomena di sekitar lembaga sekolah. Pemimpin yang memiliki tipe kepemimpinan demokratis diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan sekolah. Agar tujuan sekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien, diperlukan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif. Konsep kepemimpinan demokratis adalah pemimpin yang mau mendelegasikan sebagian wewenang kepada bawahan, kebijakan dan keputusan dibuat bersama antara bawahan dan pemimpin, pemimpin akan memperhatikan dalam bertindak dan bertindak untuk menciptakan rasa saling percaya dan selalu menghargai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...