JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Dampak Game Online di SMP Negeri 10 Kota Jambi

Dede Ayu Firnanda (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi)
Akmal Sutja (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi)
Affan Yusra (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Dampak Game Online di SMP Negeri 10 Kota Jambi”. Penelitian ini menggambarkan fokus penelitian bagaimana dampak game online pada siswa kelas VIII D di SMP Negeri 10 Kota Jambi yang berjumlah 30 siswa. Adapun indikator-indikator permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini yaitu kecanduan, malas, kurang tidur, kerugian finansial, radiasi, malas mandi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yaitu data primer yang ditarik langsung dari responden berupa angket tentang dampak game online yang berjumlah 24 item. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian per indikator menunjukkan bahwa tingkatan kecanduan berada pada klasifikasi “sedang” dengan presentase 48%. Tingkatan malas berada pada klasifikasi “tinggi” dengan presentase 60,3%. Tingkatan kurang tidur berada pada klasifikasi “sedang” dengan presentase 48,3%. Tingkatan kerugian finansial berada pada klasifikasi “sedang” dengan presentase sebesar 41,7%. Tingkatan radiasi berada klasifikasi “sedang” dengan presentase 58,2%. Tingkatan malas mandi berada pada klasifikasi “tinggi” dengan presentase sebesar 64,3%. Dari hasil keseluruhan per indikator dapat disimpulkan bahwa dampak game online di SMP Negeri 10 Kota Jambi berada pada klasifikasi “sedang” dengan presentase 53,56%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...