JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Dampak Body Shaming di kalangan Remaja Putri SMP Negeri 26 Muaro Jambi

Retno Juwita Anugrah (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidkan Universitas Jambi)
Akmal Sutja (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidkan Universitas Jambi)
Affan Yusra (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidkan Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi lebih dalam mengenai apa saja dampak-dampak dari body shaming yang dialami oleh siswi SMP Negeri 26 Muaro Jambi.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk deskriptif. Tempat penelitian adalah salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri Muaro Jambi yaitu SMP N 26 Muaro Jambi. Sumber penelitian ini adalah siswa yang pernah mengalami body shaming di kalangan remaja putri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disebarkan kepada responden ditentukan sample penelitian.Hasil penelitian ini yaitu menunjukkan data yang diperoleh terlihat bahwa angkat persentase rata-rata keseluruhan dari variabel penelitian pada angka persen 60 % dapat di kategorikan pada kualitas “Tinggi” dari jumlah presentasi 60-88 % data yang diperoleh dari dampak body shaming.Dari hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada sekolah dan khususnya guru BK untuk lebih perhatian terhadap korban body shaming yang terjadi di sekolah dan memberikan tindakan yang sesuai, baik kepada korban maupun pelaku body shaming serta saran kepada korban body shaming diharapkan mereka berani terbuka menceritakan mengenai perilaku body shaming yang terjadi pada dirinya, hal tersebut dapat menjadi tindak lanjut oleh pihak sekolah secara tepat untuk menciptakan lingkungan yang positif dan kondusif bebas dari body shaming.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...