JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Perubahan Tradisi Temu Manten pada Perkawinan Adat Jawa di Dusun Mulya Bhakti Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo Provinsi Jambi

Wiwin Fepriyanti (Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas PGRI Sumatera Barat)
Nilda Elfemi (Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas PGRI Sumatera Barat)
Yenita Yatim (Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Perubahan Tradisi Bentuk Perubahan Tradisi Temu Manten Pada Perkawinan Adat Jawa Di Dusun Mulya Bhakti Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk perubahan tradisi temu manten dalam perkawinan Adat Jawa Di Dusun Mulya Bhakti Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Teori yang telah digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksionisme simbolik yang dikemukakan oleh Neil Smelser. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pemilihan informan di lakukan dengan mengunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara mendalam (indepti interview). Analisis data yang di lakukan dalam penelitian ini mengunakan interaktif yang di kembangkan oleh Milles dan Huberman yaitu: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk perubahan tradisi temu manten dalam perkawinan adat jawa a) perubahan Ijab Qabul b) Kembar Mayang dan proses dalam temu manten a.) prosesi melempar sirih, b.) mengijak telur, c.) wijik sekar, d) Sungkeman.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...