Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca pemahaman terutama dengan menganpresiasikan cerpen pada siswa kelas Va di SD Negeri 8 Talang Kelapa termasuk dalam kategori baik. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh siswa yang mencapai nilai KKM. Sebelumnya dalam membaca pemahaman saja siswa kurang memahami isi bacaaan, namun setelah memahami bacaan melalui cerita pendek kemampuan membaca pemahaman sebagian siswa meningkat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Yang berdasarkan indikator kemampuan membaca pemahaman siswa dengan mengapresiasikan cerpen diperoleh sebagai berikut: 1) kemampuan menjelaskan tema cerita: hasil siswa menjelaskan tema cerita sebagian siswa sudah dapat menentukan tema pada cerita. 2) kemampuan memahami unsur bacaan: beberapa siswa juga sudah dapat memahmi unsur pada cerpen. 3) kemampuan menjawab pertanyaan: dapat dilihat dari hasil lembar kerja siswa bahwa siswa sudah mampu menjawab semua pertanyaan. 5) kemampuan siswa menceritakan kembali isi bacaan: sebagian siswa sudah dapat menceritakan kembali isi bacaan dengan ejaan dan kalimat yang tepat.
Copyrights © 2022