JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Strategi Komunikasi dalam Rangka Menyelesaikan Permasalahan Masyarakat Sekitar Hutan di Kabupaten Lima Puluh Kota

Ria Wijayanty (Program Doktor Kajian Lingkungan dan Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang)
Susi Evanita (Program Doktor Kajian Lingkungan dan Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi komunikasi penyelesaian konflik perusakan hutan, mengetahui peran Pemerintah dalam menjaga pelestarian hutan dan pendapatan ekonomi masyarakat terhadap hutan di Lima Puluh Kota. Penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaturan bidang kehutanan secara umum yang diatur dengan Keputusan Menteri Kehutanan dapat dikemukakan, di antaranya: (1) Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 6884/KPTS-II/2002 tanggal 12 Juli 2012 tentang Kriteria dan Tata Cara Evaluasi terhadap Industri Priemer Hasil Hutan Kayu; (2) Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 6885/KPTS-II/2002 tanggal 12 Juli 2012 tentang Tata Cara Persyaratan Perpanjangan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan; (3) Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 178/KPTS-II/2003 tanggal 12 Juli 2003 tentang Cara Penilaian Kinerja Usaha Pemanfaatan Hutan Tanaman Unit Manajemen dalam Rangka Pengelolaan Hutan Secara Lestari. Tindakan untuk mengantisipasi masalah ini dengan menggunakan strategi komunikasi persuasif, komunikasi lingkungan dan komunikasi pariwisata. Berdasarkan hal ini Pemerintah dapat mengawawasi agar tidak terjadi perusakan hutan dan mampu untuk mengelola hutan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar hutan di Kabupate Lima Puluh Kota.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...