JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022

Pengaruh Penggunaan Media Brosur terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Prosedur Kelas XI SMA Swasta Hosana Medan

Friska Melani Siregar (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Medan, Medan, Indonesia)
Sarma Panggabea (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Medan, Medan, Indonesia)
Harlen Simanjuntak (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Medan, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Brosur kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Swasta Hosana Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian One grup pretest dan posttest design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan jumlah 50 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-A sebanyak 25 siswa dan XI sebanyak 25 siswa yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest penggunaan metode Information Search, diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol yaitu 59,72 dengan simpangan baku 7,068 dan kelas ekperimen yaitu 83 dengan simpangan baku 6,45 Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ? =0,05, diperoleh thitung > ttabel (7,40 > 2,011), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan Media Brosur di XI SMA Swasta Hosana Medan T.A 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...