JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022

Proses Berpikir Siswa Kreatif dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Lingkaran Kelas IX Berdasarkan Polya

Haryanto Haryanto (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Papua)
Nahrun Najib Siregar (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Papua)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara berpikir siswa kreatif dalam menyelesaikan soal berdasarkan Polya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskritif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan cara berpikir siswa kreatif kelas IX SMP Negeri 8 Prafi materi lingkaran. Pengambilan subjek menggunakan studi kasus pada saat observasi. Subjek penelitian meliputi 3 siswa kelas IX SMP Negeri 8 Prafi. Penelitian dilakukan dengan cara observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dari 3 subjek yang diteliti dapat disimpulkan bahwa dua subjek yang dapat memenuhi langkah-langkah Polya dan satu subjek tidak memenuhi semua langkah polya, langkah polya ada 4 tahap yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dan melihat kembali. Sedangkan pada berpikir kreatif mempunyai 4 indikator yaitu berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil dan berpikir terperinci. Berdasarkan hasil analisi data dari 4 subjek yang diteliti dapat disimpulkan bahwa 2 subjek memenuhi 4 indikator kreatif tingkat tingat kemampuan sangat kreatif dan 2 subjek memenuhi 3 indicator kreatif dengan tingkat kemampuan kreatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...