JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Budidaya Ikan Lele di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai

Mega Faradilla (Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Julianto Hutasuhut (Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran ikan lele yang dilaksanakn pelaku usaha di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis SWOT. Objek penelitian ini adalah pengusaha ikan lele yang ada di Desa Pekan Tanjung Beringin. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pemasaran yang dilakukan pelaku usaha telah menerapkan strategi bauran pemasaran 4P (marketing mix) dalam memasarkan produknya. (2) Berdasarkan hasil perhitungan terhadap matriks IE dan matriks SWOT, faktor strategi internal sebesar 2,79 dan faktor strategi eksternal sebesar 2,88. Nilai ini menunjukkan posisi pemasaran usaha budidaya ikan lele di Desa Pekan Tanjung Beringin berada pada Kuadran V(ke-5), artinya berada pada posisi fase pertumbuhan dan stabilitas. Dalam hal ini implementasi pengembangan strategi terbaik yang dapat dilakukan meliputi penetrasi pasar, pengembangan pasar serta melakukan diversifikasi produk olahan ikan lele.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...