Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih terabaikannya pendidikan karakter pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penanaman karakter melalui nilai Pancasila pada pembelajaran PKn kelas III SD Negeri 8 Talang Kelapa Banyuasin. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas dan enam peseta didik. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara yang dilakukan guru kelas III dalam membentuk karakter religius, peduli sosial, toleransi, demokratis dan disiplin melalui nilai Pancasila pada pembelajaran PKn adalah yang pertama dengan tahap perencanaan dimana guru mempersiapkan RPP yang sudah memuatkan nilai-nilai karakter di dalamnya. Kemudian kedua dengan tahap pelaksanaan pembelajaran guru memberi contoh sikap yang mencerminkan nilai Pancasila kemudian diterapkan dalam perilaku sehari-hari yang akan menjadi teladan dan contoh untuk peserta didik sehingga menjadi kebiasaan dalam membentuk karakter yang diharapkan. Penanaman karakter juga sudah diterapkan dengan baik, dilihat dari hasil persentase peserta didik dalam mencocokan sikap yang sesuai dengan lambang sila Pancasila diperoleh rata-rata dengan kategori baik. Jadi dalam menanmkan karakter melalui nilai Pancasila dilakukan dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan yang dilakukan dengan metode keteladanan, contoh, pembiasaan, teguran dan larangan sehingga dapat membentuk karakter peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022