Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022

Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Kelas VII MTs

Hayatun Nufus (Universitas Riau)
Yenita Roza (Universitas Riau)
Maimunah Maimunah (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan menggunakan prosedur analisis kesalahan Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitataif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang yang dipilih secara random dan diperoleh siswa sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan yang menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada tahapan-tahapan Newman, yaitu: kesalahan membaca sebanyak 32,5%, kesalahan memahami sebanyak 32,5%, kesalahan transformasi sebanyak 22,5%, kesalahan keterampilan proses sebanyak 25%, dan kesalahan penulisan/notasi sebanyak 30 %. Hal ini menunjukkan kesalahan yang dilakukan oleh siswa beragan dan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan, yaitu: kurang teliti, tidak mampu membaca soal, tidak memahami masalah, dan tidak mampu melakukan prosedur atau langkah-langkah yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal yang diberikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...