Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan menggunakan prosedur analisis kesalahan Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitataif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang yang dipilih secara random dan diperoleh siswa sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan yang menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada tahapan-tahapan Newman, yaitu: kesalahan membaca sebanyak 32,5%, kesalahan memahami sebanyak 32,5%, kesalahan transformasi sebanyak 22,5%, kesalahan keterampilan proses sebanyak 25%, dan kesalahan penulisan/notasi sebanyak 30 %. Hal ini menunjukkan kesalahan yang dilakukan oleh siswa beragan dan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan, yaitu: kurang teliti, tidak mampu membaca soal, tidak memahami masalah, dan tidak mampu melakukan prosedur atau langkah-langkah yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal yang diberikan.
Copyrights © 2022