Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 5 No. 1 (2022): Mei

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar

Niasari Vebriani (Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia)
Slamet Utomo (Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia)
Su'ad (Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Masih banyak terjadi pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan oleh para guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kedisiplinan guru sekolah dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah guru PNS yang berjumlah 278 orang, sampel sebanyak 74 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi menggunakan Program SPSS 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kedisiplinan guru dibuktikan dengan t hitung sebesar 3, 143  lebih besar dari nilai t tabel 0,679 dengan probabilitas signifikasi adalah 0,001 lebih kecil dari α = 0,25. Iklim sekolah berpengaruh terhadap kedisiplinan guru yang dibuktikan dengan t hitung sebesar 2,909 lebih besar dari nilai t tabel 0,679. dengan probabilitas signifikasi adalah 0,016 lebih kecil dari α = 0,25. Gaya kepemimpinan dan iklim sekolah berpengaruh terhadap kedisiplinan guru, dibuktikan dengan hasil dari uji hipotesis menunjukkan nilai F hitung sebesar 18, 567 lebih besar dengan nilai F tabel 3,98 dengan probabilitas signifikasi adalah 0,000 lebih kecil dari α = 0,25. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah merupakan dua faktor yang turut memengaruhi dan menentukan kedisiplinan guru di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...