Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 5 No. 1 (2022): Mei

Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Pengelolaan Berbasis Sekolah guna Menghasilkan Keproduktifan Kerja Guru

Mohamad Ridwan Rifai (STIKes Karsa Husada, Garut, Indonesia)
Andhika Lungguh Perceka (STIKes Karsa Husada, Garut, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Persoalan yang ditemui pada pengelolaan pembelajaran masa ini yaitu persoalan keproduktifan kerja guru yang masih rendah. Rendahnya keproduktifan pekerjaan guru dianggap sebagai dampak dari belum maksimalnya pola kepemimpinan di sekolah, sehingga manajemen berbasis sekolah belum optimal. Kepemimpinan kepala sekolah tidak berlangsung optimal dikarenakan belum maksimalnya pemberdayaan staf. Dalam hal ini masih kurang pendekatan dan terlalu menuntut disiplin yang kuat terhadap guru yang tidak disiplin menjalankan tugas dan fungsinya akan tetapi bersikap kaku dari bawahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala sekolah terhadap manajemen berbasis sekolah dalam menciptakan keproduktifan kerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik deskriptif survei. Subjek yang terlibat sebagai informan dalam penelitian ini berjumlah 94 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi lapangan dengan pengamatan langsung dan menyebarkan beberapa angket. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan proses interval successive method dan selanjutnya diuji dengan memakai analysis path model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh penting terhadap pengelolaan berbasis sekolah dalam menciptakan keproduktifan kerja guru. Dapat disimpulkan bahwa keproduktifan pekerjaan guru dapat meningkat apabila didukung oleh pola kepemimpinan dan manajerial kepala sekolah yang efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...