Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 5 No. 1 (2022): Mei

Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Classpoint pada Materi Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Nico Dwi Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka)
Ika Yatri (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Menghadapi tantangan yang besar pada era revolusi industri 4.0 ini, pendidikan dituntut untuk menyesuaikan, termasuk pendidikan pada jenjang dasar maupun menengah. Tantangan pendidikan pada revolusi industri 4.0 ini khususnya di Indonesia, salah satunya adalah masifnya media yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Untuk itu, pendidik harus menguasai teknologi agar dapat menyesuaikan dengan peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan kuis interaktif menggunakan aplikasi classpoint pada pokok materi indahnya keragaman di negeriku kelas IV, menguji kelayakan kuis interaktif, dan melihat respon siswa terhadap kuis interaktif. Penelitian ini menerapkan model 4-D melalui 4 tahapan yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Instrumen penelitian untuk mendapatan data berupa angket penilaian ahli materi, ahli media, dan angket respon siswa terhadap kuis interaktif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menciptakan kuis interaktif menggunakan aplikasi classpoint pada pokok materi indahnya keragaman di negeriku. Berdasarkan hasil penilaian ahli dinyatakan bahwa kuis interaktif sangat layak. Hal ini berdasarkan rata-rata dari data secara keseluruhan tim ahli materi yaitu 93,7% mendapat kategori " sangat layak", tim  ahli media yaitu 98% mendapat kategori "sangat layak," dan berdasarkan respon siswa mendapatkan hasil sebesar 82.89% mendapat kategori “sangat layak”. Melihat hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kuis interaktif layak digunakan sebagai media bagi guru dan siswa dalam  melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu meningkatkan motivasi dan antusias siswa dalam mengerjakan kuis serta menambah wawasan guru dan peneliti.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...