Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Vol 12 No 1 (2022): Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL DIPADUKAN DENGAN SIKLUS BELAJAR 5E BERBANTUAN MEDIA BELAJAR QUIZIZZ TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS KONSEPTUAL, PROSEDURAL DAN METAKOGNITIF

Saiful Almujab (Unknown)
Eeng Ahman (Unknown)
Suwatno Suwatno (Unknown)
Kusnendi Kusnendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2022

Abstract

Peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai upaya dalam menghadapi situasi adaptif dalam perkembangan teknologi terlebih era digitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak penggunaan model Problem Based Learning dengan siklus 5E berbantuan Quizizz dalam pembelajaran teori ekonomi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan pola kelas control dan kelas eksperimen. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS for Windows dengan hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan PBL dengan siklus 5E berbantuan Quizizz terhadap HOTS level konseptual dengan signifikansi nilai F sebesar 17,370. Kemudian pada level prosedural terdapat pengaruh dengan nilai F sebesar 11,656 selanjutnya pada level kognitif metakognitif dengan pengaruh nilai F sebesar 11,656. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemilihan model PBL dengan siklus 5E berbantuan Quizizz dapat menjadi salah satu alternatif solusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini diberi nama LITERASI, nama tersebut dipilih sebagai upaya untuk tetap menjadikan keterampilan berbahasa sebagai landasan pengembangan ilmu pengetahuan. Seperti sebuah pernyataan “bahasa sebagai penghela ilmu pengetahuan”. Jurnal LITERASI diterbitkan oleh Prodi Pendidikan ...