Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Motivasi Belajar Siswa melalui Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Kelas IV SD Inpres 126 Suprau Kota Sorong . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan desain One Grup Pre Test Post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 126 Suprau Kota Sorong Tahun pelajaran 2020. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas IV pada SD Inpres 126 Suprau Kota Sorong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi belajar siswa (pre-test dan pos-test). Teknik analisis data uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil uji reliabilitas pre-test 0, 718 dan pos-test diperoleh 0,767. Dari analisis data diperoleh uji normalitas Kolmogrof-Smirnov dari data sebesar 0,575>0,5. Maka data tersebut diperoleh data normal. Hasil uji One Sample Test dari nilai angket motivasi pos-test diperoleh nilai thitung>ttabel (35.459>20,450), dengan besar taraf sig (2-tailed) 000,<0,5 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Word Square terhadap motivasi belajar IPA kelas IV pada SD Inpres 126 Suprau Kota Sorong.
Copyrights © 2020