EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Kelayakan Media Flip Chart dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar

Dyoty Auliya Vilda Ghasya (Universitas Tanjungpura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media flip chart yang layak secara teoritis, dan mendeskripsikan kelayakan media flip chart pada pembelajaran membaca di sekolah dasar, khususnya di kelas rendah. Media ini masih jarang digunakan dan dikembangkan oleh guru karena dinilai kurang begitu signifikan dalam mendongkrak hasil belajar materi tertentu, akan tetapi dalam pembelajaran membaca di sekolah dasar, media ini menjadi suatu solusi alternative yang dapat digunakan guru unuk mengajar. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan mengadaptasi  4-D (define, design, develop, disseminate), akan tetapi penelitian ini dibatasi sampai pada tahap develop. Pengembangan ini dilaksanakan sejak Desember 2021 sampai Januari 2022 yang dikembangkan mendapat persentase nilai kelayakan sebesar 3,80 atau dapat dikategorikan sangat layak secara teoritis untuk digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman di sekolah dasar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...