EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Googlemeet: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Analisis Siswa Sekolah Dasar

Sri Lestari Handayani (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia)
Lailatul Rizanti Amaliyah (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2022

Abstract

Pembelajaran daring memberikan kesempatan dan tantangan bagi kegiatan belajar-mengajar di Sekolah Dasar (SD) dapat beradaptasi dengan keadaan. Proses pembelajaran pun harus dirancang sedemikian rupa, salah satunya menerapkan model pembelajaran di kelas dengan berbasis aplikasi - aplikasi daring seperti Googlemeet. Penelitian memiliki tujuan untuk melihat pengaruh dari penerapan Creative Problem Solving (CPS) di kelas dengan berbantuan Googlemeet terhadap kemampuan analisis siswa pada materi siklus air di Sekolah Dasar (SD). One Group Pretest-Posttest Design adalah design penelitian eksperimen yang digunakan. SD Muhammadiyah 1 Jakarta adalah lokasi dimana penelitian ini dilakukan. Sebanyak 19 siswa menjadi sampel penelitian ini. Data dikumpulkan melalui tes tertulis. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan Shapiro-Wilk, Levene Statistic, dan Paired Sample T-test dengan bantuan program statistic SPSS 25. Berdasarkan analisis Paired Simples T-test berbantuan SPSS 25 diperoleh t hitung sebesar 4,969 dengan besarnya dk = 18 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00. Dari nilai signifikansi 0,00 < 0,05, dapat dinyatakan bahwa terdapat perubahan yg signifikan terhadap hasil pre-test dan post-test. Pada penelitian ini diketahui hasil akhir bawah adanya penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan Googlemeet memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan analisis bagi siswa SD kelas V Muhammadiyah 1 Jakarta khususnya pada materi siklus air

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...