EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Teori Kepribadian Personality Plus Perspektif Florence Littauer

Aiman Faiz (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Imas Kurniawaty (FPIPS, Universitas Pendidikan Indonesia)
Purwati Purwati (Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2022

Abstract

Dalam perspektif Florence Littauer mengungkapkan setiap manusia dilahirkan dengan ciri khas wataknya masing-masing. Tujuan utama artikel ini mendeskripsikan konsep penting yang diambil dari buku Personality Plus karya Forence Littauer. Peneliti menggunakan studi pustaka untuk mendeskripsikan sifat-sifat kepribadian dari Florence Littauer. Hasil penelitian menunjukan bahwa menjaga kepribadian yang sehat merupakan sebuah keharusan untuk menjadi pribadi yang berkembang dan sehat agar lebih mandiri, mengetahui segala kelebihan dan berusaha untuk memperbaiki kekurangan dan emosi yang stabil. Orang yang memiliki kepribadian sehat akan berkembang dari aspek sosialnya karena pandai menempatkan diri dalam lingkungan dan menjaga hubungan baik dengan orang lain, bertanggung jawab, menyenangkan dan tidak merugikan orang lain. Dalam teori kepribadian terdapat beberapa tipe kepribadian diantaranya, tipe sanguinis, tipe koleris, tipe melankolis dan tipe phlegmatis. Teori tersebut diambil dari Hippocrates, seorang bapak ilmu kedokteran. Dapat disimpulka, memahami kepribadian hakikatnya untuk memperbaiki kepribadian agar dapat hidup saling memahami dan saling toleransi. Bagi para guru dan praktisi psikologis, tipe-tipe kepribadian ini sangat membantu dalam mendiagnosis karakter seseorang untuk menentukan langkah yang tepat dalam menangani kepribadian seseorang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...