Adanya pandemic covid – 19 saat ini secara langsung berdampak pada sistem pembelajaran di seluruh dunia termasuk Jepang dan Indonesia. Permasalahan utama terkait dengan peran orang tua dalam mendampingi anak belajar selama dirumah serta berbagai kebijakan terkait yang bertujuan agar anak dapat belajar maksimal saat pembelajaran daring dilaksanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah review sistematik sesuai dengan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA). Proses pencarian berfokus pada artikel jurnal tentang “Sistem Pendidikan Dasar, Peran Orang Tua, Pengaruh Lingkungan pada masa pandemic” di Negara Jepang dan Indonesia yang dipublikasi pada tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran di jenjang pendidikan dasar baik di negara Jepang dan Indonesia, diantaranya tingkat stress anak dan orang tua meningkat, orang tua kewalahan dalam mendampingi anak selama pembelajaran daring diberlakukan, hubungan sosial anak juga terganggu. Berdasarkan hasil kajian ini maka dapat disimpulkan perlu adanya dukungan lingkungan sekolah agar pembelajaran daring dapat berlangsung baik, perlu adanya penguatan pendidikan karakter untuk meminimalkan prilaku buruk anak
Copyrights © 2022