Jurnal Biotek
Vol 10 No 1 (2022): JUNI

Penggunaan E-Modul Berbasis Discovery Learning Melalui Pendekatan Lesson Study Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik

Saparuddin (Universitas Negeri Makassar)
Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai (Unknown)
Sitti Kahfiah (Unknown)
Eka Ayu Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Masalah dalam proses pembelajaran yaitu keterbatasan bahan ajar yang berorientasi pada student center karena bahan ajar yang tersedia hanya buku paket. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang menggunakan desain one group pretest posttest design yang bertujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan kognitif peserta didik melalui penggunaan e-modul interaktif berbasis Discovery Learning dengan pendekatan lesson study pada kelas XI IIS 2 SMA Negeri 9 Makassar. Subjek penelitian terdiri dari 28 orang peserta didik kelas XI IIS 2. Berdasarkan hasil analisis deskriptif statistik pada saat pretest diperoleh rata-rata 63, sedangkan pada posttest diperoleh rata-rata 87. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dengan menggunakan uji N-Gain dimana data yang diperoleh berada pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan e-modul berbasis Discovery Learning melalui pendekatan lesson study efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

biotek

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Biotek is an academic journal published by Alauddin Press Makassar in collaboration with Department of Biology Education in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. The journal accepts scholarly papers regarding of biology science, biology education, Islamic perspective of biology science, ...